Ciri Awal Kehamilan Trimester Awal Dan Mengatasinya

0 Comments

Kehamilan adalah berita gembira bagi semua wanita, tak terkecuali. Hanya saja, berita yang sangat menggembirakan tersebut tentu saja juga dibarengi dengan berbagai macam ujian yang harus terus dihadapi oleh para calon ibu semasa kehamilannya. Terutama pada trimester pertama, para wanita akan sering merasakan mual, bahkan hingga muntah-muntah. Jika hal itu tidak ditangani dengan baik, bisa-bisa membuat tubuh Anda akan lemas dan datang penyakit lainnya. Karena itulah Anda harus tahu ciri awal kehamilan dan juga mengatasi mual saat hamil.

Makan Sedikit Tapi Sering

Masa kehamilan di awal trimester biasanya para wanita hamil akan merasa mudah mual. Tubuh akan menjadi lemas, dan seharusnya mendapatkan asupan makanan yang cukup. Namun, dengan kondisi tersebut para wanita akan sulit makan. Dan ketika makan pun akan kembali merasa mual.

Dengan kondisi seperti itu harusnya Anda memenuhi asupan energi dengan makan. Caranya adalah dengan makan sedikit-sedikit namun sering. Perut yang tidak terlalu berat pastinya akan mengurangi rasa mual yang Anda rasakan.

Gunakan Aromaterapi Untuk Mengurangi Aroma Tidak Sedap

Bila biasanya kamu adalah seseorang yang tak bisa lepas menggunakan parfum. Mungkin kali ini bau parfum favorit kamu sangat mengganggu. Aroma menyengat yang dikeluarkan dapat memicu mual. Untuk sementara, gunakan parfum beraroma lembut dan nyalakan aromaterapi di dalam rumah untuk mengusir aroma tidak sedap. Bumil biasanya akan butuh aroma segar seeperti mint atau lemon untuk mengurangi rasa mual.

Hidung para wanita hamil sangatlah sensitif. Meskipun untuk aroma parfum yang Anda sukai juga bisa membuat wanita hamil mual. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan aroma terapi kemanapun Anda berada. Aroma terapi ini akan membuat sensitifitas terhadap bau berkurang, dan juga mempunyai efek yang menangkan.

Baca Juga :  Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Memulai Program MPASI

Hindari Tidur Usai Makan

Jika Anda terbiasa berbaring setelah makan, hindari hal itu sekarang juga saat Anda hamil. Dengan kebiasaan buruk tersebut peredaran darah Anda tidak akan lancar, dan juga tentunya sistem pencernaan Anda juga akan terganggu. Ketika hal itu terjadi bisa jadi makanan yang Anda makan sebelumya akan terbuang sia-sia. Agar Anda tidak merasa bosan atau ngantuk setelah makan Anda bisa sambil duduk menonton tv, bermain gadget, dan lain sebagainya.

Hindari Camilan Yang Mengandung Minyak Dan Lemak Tinggi

Mual biasanya terjadi pada pagi hari. Setelah itu para wanita hamil akan merasa ingin makan apa saja. Mulai dari makanan pedas, asin, manis, dan lain sebagainya. Untuk memenuhi hasrat tersebut Anda bisa menggunakan cemilan yang sehat, jangan malah memakan cemilan yang berminyak dan berlemak. Jika Anda makan dengan camilan yang mengandung minyak dan lemak tinggi Anda harus siap-siap kembali merasa mual. Oleh karena itulah Anda harus menggantinya dengan cemilan yang lebih sehat..

Olahraga di Pagi Hari

Olahraga selalu mempunyai efek yang sangat positif, begitu juga bagi para wanita yang sedang di asa kehamilan. Dengan berolahraga ringan di pagi hari maka kondisi tubuh Anda juga akan lebih sehat, dan lebih bugar. Selain itu ketika Anda berolahraga maka mood Anda juga akan meningkat lebih baik.

Istirahat Yang Cukup

Memasuki trimester pertama tubuh akan terasa lemas dan lesu. Kondisi ini merupakan hal yang biasa dialami saat hamil muda. Perubahan hormon yang memicu terjadinya mual dan muntah bisa diatasi dengan banyak beristirahat, kurangi rutinitas yang bisa menguras tenaga. Jika memang tidak terlalu bugar, cobalah untuk berbaring dan menenangkan diri sejenak.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

Pola makan, pola tidur, memang benar-benar harus diatur dengan sangat baik. Karena hal itu yang akan membuat kondisi tubuh wanita hamil tetap dalam kondisi yang baik

Itulah ciri awal kehamilan yang menyebabkan mual.