7 Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui yang Terbaik

Pasca melahirkan, ada tahap baru di mana Anda pertama kali menjalankan kewajiban sebagai ibu, yaitu menyusui. Menyusui merupakan kegiatan yang wajib dilakukan bagi para Ibu yang baru melahirkan bayinya agar perkembangan otak dan tubuh anak menjadi lebih sempurna. Karena itulah, pada saat periode menyusui, selain memperhatikan kecukupan gizi si kecil, Ibu juga harus memperhatikan asupan makanan dan minuman Ibu sendiri.

Ibu yang sedang menyusui biasanya tidak memerlukan perubahan jadwal atau pengaturan jumlah gizi khusus untuk makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh Ibu ketika sedang menyusui. Namun, yang amat sangat penting untuk diperhatikan adalah Ibu harus mengkonsumsi makanan penuh nutrisi kepada diri sendiri. Sebab, apa yang Ibu konsumsi, sebagian nutrisinya akan diserap oleh sang bayi melalui Air Susu. Lantas, apa saja makanan untuk Ibu Menyusui yang dibutuhkan?

Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada Ibu dan bayi, beberapa makanan bisa dijadikan pilihan yang ideal. Beberapa makanan ini juga ada yang berfungsi sebagai pelancar ASI. Berikut ini beberapa makanan untuk Ibu Menyusui yang direkomendasikan.

  • Gandum utuh dan Nasi Merah

Karbohidrat tentu sangat dibutuhkan Ibu menyusui. Agar tidak semata-mata hanya karbohidrat saja yang masuk, maka gantilah nasi putih dengan roti gandum atau nasi merah yang tidak mengandung glukosa dan lebih kaya serat. Karena itulah, gandum dan nasi merah sangat dapat membuat kenyang lebih lama dna memperlancar pencernaan. Gandum utuh juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi Ibu serta bayi, karena ada terkandung asam folat di dalamnya.

  • Daun Bayam dan katuk

Bicara soal makanan untuk Ibu menyusui, kedua jenis sayuran ini tidak pernah terlewat untuk dibicarakan. Sayur bayam mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk mencegah Ibu anemia. Sedangkan, sayur katuk sangat baik sebagai pelancar ASI. Selain itu, kedua sayuran ini juga mengandung asam folat, kalsium, dan vitamin K yang tentu saja sangat bermanfaat bagi perkembangan otak dan kecerdasan anak.

  • Brokoli
Baca Juga :  Salep biang keringat bayi yang Ampuh

Sayuran hijau lainnya selain bayam dan katuk yang baik untuk dikonsumsi adalah brokoli. Brokoli dipercaya sebagai salah satu sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk dikonsumsi Ibu menyusui. Brokoli juga kaya akan asam folat yang dapar mencerdaskan otak anak Anda kelak.

  • Buah-buahan

Sama seperti sayur, buah memiliki aneka mikronutrisi dan kaya akan serat yang berperan penting dalam perkembangan Ibu dan anak. Serat yang terkandung dalam buah sangat baik bagi sistem pencernaan Ibu saat menyusui. Hal ini tentu mampu mencegah konstipasi pada ibu yang merupakan keluhan paling umum pasca melahirkan. Pastikan, bahwa buah atau sayuran yang Anda konsumsi bebas dari peptisida.

  • Telur dan Ikan

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa sumber protein terbaik adalah dari daging dan telur. Selain mengandung protein tinggi, telur juga mengandung vitamin D yang berperan penting sebagai pembentuk tulang-tulang pada bayi. Pilih telur ayam kampung yang dipercaya lebih banyak kandungan DHA-nya untk mendapatkan asam lemak esensial yang lebih tinggi. Dapatkan pula protein yang dikonsumsi dari ikan, paling tidak dua porsi seminggu. Ikan terbaik untuk dikonsumsi adalah Salmon.

  • Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak, seperti yoghurt, keju, susu, dan lainnya, juga dapat meningkatkan kekuatan tulang bayi karena mengandung vitamin D dan kalsium.