Ini Dia 4 Manfaat Asam Folat Untuk Penuhi Nutrisi Ibu Hamil

0 Comments

Tahukah Anda jika seseorang membutuhkan banyak nutrisi selama masa kehamilannya? Ya, kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil tentunya berbeda dengan orang biasa. Mengapa? Sebab nutrisi tersebut tidak hanya diperuntukkan untuk ibu saja, namun juga untuk janin. Nutrisi ini yang akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan buah hati.

Semakin banyak nutrisi yang diperoleh, maka akan semakin bagus pula perkembangan buah hati. Salah satu nutrisi ibu hamil yang sangat penting adalah asam folat. Manfaat asam folat untuk ibu hamil ini sangat baik.

Sebelum membahas manfaat asam folat, ada baiknya Anda perlu tahu makanan apa saja yang mengandung asam folat. Adapun beberapa makanan yang mengandung asam folat yang tinggi seperti jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, tomat, unggas, asparagus, kerang, hati, ginjal dan juga gandum.

Lantas, apa saja fungsi asam folat? Bagi ibu hamil, Anda harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Pasalnya, manfaat asam folat sangat baik untuk Anda dan buah hati. Mau tahu apa saja manfaat asam folat, simak selengkapnya di bawah ini.

  1. Mencegah Cacat Lahir

Janin yang dalam masa kandungan ibu mengalami kekurangan asam folat, maka ia berpotensi terkena cacat lahir. Cacat lahir ini bisa berbentuk apa saja, seperti kelainan otak, kelainan saraf, bibir sumbing, tuli, bisu dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk mencegah bayi lahir cacat fisik, maka mulai sedari hamil untuk rajin mengonsumsi asam folat. Sebab, mengonsumsi asam folat tidak akan menimbulkan dampak kerugian sedikitpun bagi si buah hati.

  1. Mencegah Kekurangan Berat Badan Bayi

Manfaat asam folat selanjutnya yakni bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan bayi. Sehingga, saat bayi lahir ke muka bumi ini, ia lahir dengan bobot yang normal dan tidak terlalu rendah.

Pasalnya, bobot yang terlalu rendah pada buah hati yang baru lahir ini cukup berbahaya. Sebab, hal ini menandakan bahwa bayi tersebut kekurangan gizi, alhasil semua organ yang dimiliki juga bisa mengalami kecacatan yang lain.

  1. Mencegah Bayi Lahir Prematur

Anda tentunya sering menemukan bayi yang lahir secara prematur. Sebenarnya, ada banyak penyebab mengapa bayi lahir prematur, salah satunya karena kekurangan asam folat.

Padahal, ketika bayi lahir prematur semua organ yang dimiliki belum berfungsi dengan baik. Akibatnya hal ini bisa berpengaruh terhadap kehidupannya di masa yang akan datang. Dengan memenuhi kebutuhan asam folat, maka Anda bisa mencegah bayi lahir secara prematur.

  1. Mencegah Keguguran

Siapa sih yang ingin keguguran? Setiap ibu yang hamil pasti ingin janinnya bisa hidup dan lahir dengan sempurna. Namun apa daya jika Tuhan berkehendak bayi tersebut gugur sebelum waktunya. Sebenarnya, ada banyak hal yang menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

Misalnya saja seperti terlalu capek, stres, dan kekurangan asam folat. Nah, bagi mom yang ingin menjaga kesehatan janin di dalam lahir hingga ia lahir, sudah seharusnya penuhi kebutuhan asam folat si buah hati.

Nah, bagi Anda ara ibu hamil, tentunya jika Anda ingin mendapatkan asupan asam folat yang cukup bisa dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Nah, untuk mengonsumsi suplemen ini Anda juga harus mengikuti anjuran dokter.

Sedangkan bagi Anda yang ingin mengetahui informasi selanjutnya. So, bagi para mom jangan ragu untuk penuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Baca Juga :  Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak