Kenali Jenis Salep Gatal Untuk Bayi Biar Tidak Salah Pakai

0 Comments

Pada bulan-bulan awal pertama kelahirannya, bercak merahbisa muncul di kulit bayi Anda. Anda tidak perlu terlalu mencemaskan kondisiini, karena hal tersebut memang biasa terjadi pada bayi dan bisa disembuhkan dengan penggunaan salep gatal untuk bayi.

Bercak merah atau ruam kulit pada kulit bayi Anda tersebut bisa jadi adalah sejenis dermatitis atopik atau eksim. Eksim pada kulit bayi cenderung muncul pada bagian pipi dan kulit kepala. Tetapi pada beberapa kasus, bisa juga menyebar sampai ke lengan, dada, kaki, atau bagian tubuh bayi lainnya.

Eksim sangat gatal dan bisa membuat bayi Anda menjadi tidak nyaman. Untuk mengobatinya, Anda memerlukan salep gatal untuk bayi dan tentunya lebih menghindarkan bayi dari faktor pencetus munculnya eksim.

Jenis Salep Gatal untuk Bayi

Berikut ini adalah beberapa salep gatal untuk bayi yang bisa Anda coba untuk mengatasi munculnya gejala eksim pada bayi Anda, yaitu:

1. Salep Kortikosteroid

Eksim atau gatal pada bayi Anda dapat diobati dengan mengoleskan salep yang mengandung kortikosteroid. Salep gatal untuk bayi ini diaplikasikan langsung ke kulit bayi yang gatal sebanyak dua kali sehari.

Salep kortikosteroid ini haruslah menurut rekomendasi dokter. Dosis salep ini berbeda-beda untuk tiap jenis eksim yang diderita bayi. Jika Anda beli secara bebas tanpa resep dokter, bisa saja yang Anda salah pilih dosis. Bila dosisnya terlalu keras, salep tersebut tentu saja dapat merusak kulit bayi yang masih sensitif. Namun sebaliknya, bila dosisnya kurang tepat, maka penyembuhan menjadi tidak optimal.

2. Krim pelembap kulit bayi

Selain berfungsi menjaga kelembapan yang ada di kulit bayi Anda, krim pelembap juga bisa menjadi pelindung bagi kulit bayi dan tentu saja dapat meredakan gatal karena eksim. Krim pelembap memang bukan untuk menyembuhkan area kulit bayi yang merah dan gatal, tetapi krim ini dapat membantu untuk mengembalikan perlindungan kulit.

Baca Juga :  5 Susu Penambah Berat badan Anak

Krim pelembab untuk bayi ini dianjurkan dioleskan sesaat setelah bayi Anda mandi. Dioleskanlah beberapa kali dalam sehari pada kulit yang memerah. Namun ada baiknya agar krim pelembap ini dites terlebih dahulu selama beberapa hari untuk memastikan bayi Anda tidak mengalami reaksi alergi.

3. Lotion bayi berbahan zinc

Lotion bayi dengan kandungan zinc oxide sebagai bahan aktifnya juga merupakan salah satu jenis obat oles yang baik untuk membantu mengatasi gatal bayi Anda. Zinc sendiri bekerja dengan cara membentuk sebuah lapisan pelindung pada kulit yang menjaga kelembaban kulit bayi. Zinc juga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada kulit, memiliki sifat antibakteri, dapat merangsang tumbuhnya sel kulit baru, dan mengurangi rasa gatal pada kulit bayi. Lotion bayi atau krim berbahan zinc juga baik untuk mengobati ruam popok pada bayi Anda.

Selain mengaplikasikan salep gatal untuk bayi, disarankan juga untuk selalu memotong kuku bayi Anda atau bisa juga memakaikan sarung tangan agar bayi Anda tidak menggaruk-garuk kulitnya yang gatal. Menggaruk selain dapat menyebabkan infeksi, juga memperparah ruam eksim. Untuk mengurangi gatal, jangan mandikan bayi dengan air yang terlalu panas dan kurangi intensitas penggunaan sabun pada bagian kulit yang terjadi ruam.

Jika gatal pada bayi Anda tidak sembuh setelah satu minggu menggunakan salep gatal untuk bayi, disarankan untuk memeriksakan bayi Anda ke dokter anak agar dapat diberikan pengobatan lebih lanjut.