Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

0 Comments

Saat hamil ataupun sudah melahirkan penting sekali menjaga kesehatan ibu dan anak. Karenaitu sangat penting sekali untuk menjaga kandungan agar keduanya sehat danproses persalinan bisa berjalan dengan lancar. Banyak faktor yang bisamenganggu kesehatan dari ibu dan juga anak tersebut baik yang berasal daripsikologis si ibu atau di luar faktor psikologis seperti komplikasi kehamilandan gangguan kesehatan lainnya yang dapat terjadi. Oleh karena itu sangatpenting bagi ibu dan juga suaminya untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ibudan juga anak yang tepat dan berikut adalah tipsnya.

Cara Menjaga Kesehatan Ibu dan Anak

1. Hindari stress yang berlebih

Sangat penting bagi ibu hamil agar menghindari stress yang berlebih demi menjaga kesehatan ibu dan anak. Pada masa kehamilan memang emosi dari si ibu tidak stabil dan sering berubah-ubah sehingga susah untuk ditebak. Apalagi jika pada masa kehamilan si ibu juga tetap bekerja maka presentase dari si ibu tersebut mengalami stress akan meningkat. Stress yang di alami oleh ibu hamil juga akan berpengaruh terhadap anak yang dikandungnya jadi diperlukan peran dari suami agar bisa menjaga kondisi psikologis istrinya dengan baik. Pada masa kehamilan memang suami dituntut harus bisa bersabar dalam menghadapi perubahan mood dari istrinya yang sering berubah-ubah. Untuk mengatasi kondisi ini anda bisa mengajak istri anda refreshing seperti pergi jalan-jalan ke taman, berbelanja atau melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan sang istri agar moodnya menjadi baik dan lebih rileks dan itu juga akan berpengaruh pada anak. Tetapi ingat agar istri anda jangan sampai terlalu kelelahan.

2. Jaga asupan makan

kesehatan ibu dan anak

Menjagakesehatan ibu dan anak juga bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan untuksi ibu. Seperti yang kita ketahui, asupan makanan yang dimakan si ibu akandisalurkan kepada anaknya melalui plasenta. Jika anda ingin anak anda tumbuhsehat dan memiliki berat badan yang ideal saat dilahirkan maka sangat pentinguntuk menjaga asupan makanan yang diberikan. Usahakan untuk mengkonsumsi menumakanan sehat yang terdiri dari sayur, buah-buahan dan daging dalam komposisiyang seimbang empat sehat lima sempurna. Jangan terlalu banyak mengkonsumsimakanan-makanan cepat saji apalagi junk food karena tidak menyehatkan ibu danjuga si anak yang ada dalam kandungan. Sangat penting bagi suami untuk ikutberperan dalam menjaga makanan yang dikonsumsi istrinya misalnya sang istrisangat menyukai makanan yang sangat pedas maka suaminya harus bisa mengarahkanistrinya agar untuk sementara waktu jangan mengkonsuminya.

Baca Juga :  5 Susu Penambah Berat badan Anak

3. Hindari rokok dan minuman beralkohol

Sudah bukan rahasia lagi jika ada beberapa wanita yang gemar merokok dan minum-minuman beralkohol. Jika kebetulan istri anda menyukai hal tersebut maka anda harus tegas untuk menjauhkan rokok dan juga alkohol dari istri anda yang sedang hamil demi menjaga kesehatan ibu dan anak anda. Apalagi rokok dan juga alkohol dapat membahayakan kesehatan ibu dan juga janin. Bahkan konsumsi alkohol pada masa kehamilan dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

4. Melakukan olahraga ringan

Menjaga kesehatan ibu dan anak juga dapat dilakukan dengan melakukan olahraga ringan. Hal ini cukup penting agar dalam proses persalinan dapat berjalan dengan lancar selain itu peredaran darah menjadi lebih lancar. Olahraga yang disarankan yaitu senam ibu hamil, berenang atau bisa juga dengan membersihkan rumah seperti mengepel yang sangat membantu proses persalinan.